Langsung ke konten utama

1000 orang teman itu kurang, 1 orang musuh itu terlalu banyak

Teman adalah orang yang kita kenal dan berpengaruh dalam hidup kita. tidak ada satu orangpun yang tidak memiliki teman di dunia ini. saya yakin semua orang pasti memiliki teman. bahkan, lahirnya seseorang pasti berawal dari sebuah pertemanan. coba tanyakan kepada orang tua anda, apakah sebelum menikah dan menjadi sepasang suami istri mereka berteman? saya yakin jawabannya adalah ya.
faktor utama penyeban pertemanan adalah lingkungan. disaat seseorang hidup dalam suatu lingkungan, maka orang-orang disekitar lingkungan tersebutlah yang akan menjadi temannya. lingkungan itu dapat berupa sekolah, kota, desa, kantor, dan sebagainya. semakin banyak lingkungan yang mempengaruhi, semakin banyak juga kemungkinan teman yang dimiliki. Namun, permusuhan juga berawal dari pertemanan. Hal ini dapat terjadi karena adanya perbedaan pendapat atau kekecewaan yang terjadi antara seseorang yang berteman. maka dari itu, menjaga sebuah pertemanan merupakan sebuah keharusan bagi setiap manusia.
1000 orang itu kurang, 1 orang musuh itu terlalu banyak. pepatah mengajarkan kita betapa pentingnya memperbanyak teman dan menjaganya. karena saat kita memiliki banyak teman, akan banyak manfaat yang kita dapatkan. saat kita memerlukan bantuan, teman dapat menjadi salah satu yang kita mintai pertolongannya. disamping itu, untuk menjaga sebuah pertemanan, sebaiknya kita mempererat tali silaturahmi dengan teman kita. Silaturahmi dapat dilakukan dengan banyak cara. contohnya, menanyakan kabar, berkunjung ke rumah, menjenguknya jika sakit, dan sebaginya. bahkan dalam agama Islam diajarkan bahwa silaturahmi dapat memperpanjang umur. terakhir, yang paling penting dari pertemanan adalah saling mengingatkan dalam kebaikan. betapa damainya dunia ini jika setiap orang mengingatkan dan mengajak temannya untuk menyeru dalam kebaikan. makadari itu, mari kita jaga silaturahmi dengan teman-teman kita. dan jangan lupa untuk saling mengingatkan sesama dalam kebaikan.

Komentar